Zucchini Mushroom Frittata ala Italia

Zucchini Mushroom Frittata ala Italia

 

Zucchini Mushroom Frittata – Sajian ala Italia dalam waktu kurang dari 30 menit.

Kelamaan di rumah akibat pandemi yang tak kunjung berakhir, katanya bisa bikin kita jadi Masterchef. Karena ini tuh bener-bener waktunya mencoba resep-resep yang sebelumnya belum pernah kita coba lho. 

Nah biasanya nih, di bulan Ramadan pasti deh sajian yang kita makan tuh penuh dengan santan, lemak, minyak, dan sambal. Memang sih tipe makanan ini sangat disukai warga +62, tapi kalau tiap hari bosen juga ga sih.

Terinspirasi dari resep aslinya – Mushroom Zucchini Frittata, cobain yuk hari ini menu lezat berikut yang gampang banget dibuatnya. Ada beberapa bahan nih yang saya sesuaikan. Jadi bisa banget disesuain dengan selera, budget, dan persediaan di rumah masing-masing ya.

Menu ini pada dasarnya adalah sejenis Frittata, yaitu makanan berbahan dasar telur yang mirip omelet. Isiannya beragam, mulai dari daging, sayuran, bawang, jamur, tomat, sampai dengan daun basil. Biasanya bisa digoreng atau dipanggang. Tapi di sini saya pilih untuk panggang aja deh, biar lebih set teksturnya dan bisa crispy gitu atasnya.

Frittata yang akan saya buat ini ini hanya menggunakaan isian jamur dan zucchini (timun Italia), biar lebih vegetarian friendly. Nah untuk jamurnya sendiri kalian bisa pakai champignon atau portobello ya. Berikut resep lengkap yang saya gunakan:

Bahan:

  • 1 bawang bombai ukurang sedang, cincang
  • 2 zucchini ukuran sedang, belah dua lalu potong tipis
  • 1 cangkir jamur champignon, iris tipis
  • 2 sendok makan margarin atau minyak kelapa
  • 3 telur ayam
  • ⅓ cangkir susu rendah lemak
  • ½ sdt bubuk kunyit
  • 1 sdm mayones
  • ¼ sdt garam himalaya
  • ¼ sdt lada hitam bubuk
  • 1 sdt biji chia/selasih (tambahan serat)
  • 1 cangkir keju parut
  • 2 sdm tepung roti

*bubuk kunyit dan mayones untuk menggantikan dijon mustard 

Langkah-langkahnya:

  1. Tumis bawang bombai, jamur, zucchini sampai layu. Lalu pindahkan ke pinggan tahan panas berukuran 20x10cm yang sudah diolesi mentega.
  2. Dalam mangkuk besar, campur telur, susu, bubuk kunyit, mayones, garam, lada hitam, biji selasih. Lalu aduk sampai benar-benar merata.
  3. Tuangkan campuran telur ke atas campuran sayuran. Lalu tebarkan keju parut dan tepung roti di atasnya agar mendapatkan tekstur gurih yang menggoda.
  4. Panggang, tanpa tutup, selama 20-25 menit pada suhu 180 C. Ketika sudah matang, diamkan selama 5 menit di dalam oven, lalu sajikan. Ati-ati panas.
Nutrition Facts: 1 piece: 209 calories, 10g fat (5g saturated fat), 182mg cholesterol, 391mg sodium, 13g carbohydrate (5g sugars, 2g fiber), 17g protein. Diabetic Exchanges: 2 medium-fat meat, 1 vegetable, 1 fat.

Jadi deh Zucchini Mushroom Frittata ala-ala Italia.

Pas banget buat jadi lauk makan siang atau kudapan tengah malam sambil nonton film serial kesayangan kamu. Apalagi di atasnya ditaburin bubuk cabe.. Pake nasi putih juga boleh kok makannya. 

Tips: Untuk  menambah rasa gurihnya kamu bisa gunakan dijon mustard sesuai selera atau tetap gunakan bubuk kunyit biar rempahnya lebih berasa.

Kalau udah coba buat sendiri, kasih tahu ya gimana hasilnya di kolom komentar di bawah ini, atau via Instagram.

 

Coba resep lainnya di sini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *