Bumi Langit – Warung Makan Enak di Mangunan Jogja

Bumi Langit – Warung Makan Enak di Mangunan Jogja

Sumber: Travelingyuk

Terletak di Desa Mangunan Jogja, Warung Bumi Langit menyajikan pengalaman makan yang sangat spesial buat saya. Dengan berbekal hasil ulasan dari beberapa media mengenai kelezatan dan pandangannya mengenai pengolahan makanan, akhirnya sampai juga saya di area Bumi Langit Permaculture. Menurut rekan saya yang sudah pernah berkunjung, sebaiknya Anda mendatangi warung ini sebelum jam makan siang atau bukan di musim liburan, karena biasanya akan sangat padat oleh pengunjung dan para pelajar. 

Lokasi

Jika Anda melakukan penelusuran pada mesin pencarian mengenai Bumi Langit Jogja, tentu Anda akan menemukan bahwa Warung Makan ini terintegrasi dengan Bumi Langit Institute yang letaknya menghadap ke beberapa perbukitan di area Mangunan yang terkenal dengan pemandangannya.

Sempat populer karena pernah dikunjungi oleh Obama dan keluarga pada tahun 2007, Warung Bumi Langit menawarkan nilai tambah yang belum tentu akan Anda dapatkan di tempat makan sejenis dengan pemandangan yang tidak kalah mempesona.

Membangun alam secara positif

Di Bumi Langit, kita dapat melihat langsung bagaimana sistem dari penyediaan bahan makanan dimasak dan dinikmati. Mereka juga memiliki sistem pengolahan limbah air, sistem pembuatan kompos, peternakan sapi hingga perkebunan tanaman organik. Dikutip langsung dari situsnya, Bumi Langit adalah tempat dimana kita dapat melihat dan belajar mengenai pentingnya hubungan mutual antara kehidupan manusia dengan alam lingkungannya. 

Lalu menu apa saja yang menjadi andalan Warung Bumi Langit Jogja?

Sebelumnya saya harus sampaikan hal ini kepada pembaca sekalian. Siap-siap lah mencium aroma masakan ketika Anda mulai menapaki bangunan warung yang berbentuk limasan ini. Dapur warung yang terbuka berhasil membuat saya heran, betapa aroma masakan tersebut sungguh menggoda. Aroma seperti campuran mentega yang ditumis dan bumbu-bumbu lainnya. Hmm.. 

Menu pertama yang saya pilih adalah kefir mulberry. Kefir adalah salah satu jenis produk fermentasi susu. Produk susu probiotik ini merupakan hasil olahan dari ternak Bumi Langit. Saya memilih mulberry, karena kebetulan buah mulberry segar jarang ditemukan di supermarket. Rasanya segar dan sedikit lebih asam dari buah strawberry. Jika Anda ingin mencicipi buah ini dalam bentuk selai, ia juga dapat dipesan sebagai isian roti bakar. Sekali lagi perlu dicatat, seluruh bahan makanan merupakan produksi lokal dan diolah tanpa menggunakan bahan pengawet lho.

Yang kedua tentunya menu pemadam kelaparan saya – Nasi Campur Bali Vegetarian. Satu-satunya menu vegetarian di Bumi Langit ini terdiri dari, nasi pecah kulit, tempe goreng, tahu goreng, urap, terong cabai, tumis labu. Menurut saya keunggulan menu ini ada di tempe goreng dan nasi pecah kulitnya. Tempe goreng di sini, merupakan salah satu tempe goreng terenak dalam hidup saya. Sepertinya yang bikin enak ya kedelainya yang rasanya ‘bersih’ banget.

Terakhir adalah salah satu menu yang sudah saya idam-idamkan sejak sampai di Jogja yang ternyata ada di menu Bumi Langit. Ddia adalah Mie Lethek – mie yang hampir hilang dimakan zaman karena proses pembuatannya cukup rumit dan warnanya kurang begitu menarik. Mie Lethek terbuat dari tepung tapioka dan singkong ini memang tak sebersih mie dari gandum, makanya orang-orang menamakannya Lethek atau kotor dalam Bahasa Jawa. Ingin sekali saya gambarkan rasa mie lethek satu ini, tapi sungguh sulit. Ini pertama kali saya merasakan mie lethek dan saya langsung tahu menu ini dimasak dengan sederhana dan cita rasa kesegaran bahan makanannya lah yang membuat menu ini tidak terlupakan. 

Sekian ulasan pertama saya mengenai tempat makan paling menarik di area Mangunan Jogja ini. Jarang-jarang kan bisa menikmati makanan dengan konsep warung yang disajikan dengan resep sederhana, ramah lingkungan dan rasanya ENAK !

Untuk tahu lebih lanjut tentang konsep Permakultur dan kegiatan lainnya, coba cek situsnya di sini atau langsung masukkan Bumi Langit sebagai salah satu destinasi pariwisata Anda saat berkunjung ke Jogja.

Karena yang nulis gaptek dan belum bisa unggah foto hi-def melalui wordpress, seluruh foto makanan dapat dilihat lebih seksama di Instagram @PELAHAPMAUT.ID 😉



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *