Ini Kisah Saya di Dunia Affiliate Marketing

Genap delapan bulan sudah saya bergabung di sebuah Affiliate Network. Ini adalah salah satu delapan bulan tercepat dengan segala tantangan dan informasi baru yang masuk ke otak saya. Singkat kata dengan latar belakang sarjana bahasa, pengalaman di bidang Hubungan Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, saya nekat banting setir untuk belajar PEMASARAN. Ya, sebenarnya dari awal lulus saya sudah ingin sekali masuk ke bidang ini, tapi karena saya anaknya kurang percaya diri dan belum dipercayai (makanya ditolak terus. SAD), akhirnya ada ‘satu’ orang yang kok ya mau ngasih kesempatan buat saya buat belajar.

Setelah join, alhasil terkaget-kagetlah saya dengan segala keajaiban dunia AFFILIATE MARKETING dan sukses membuka mata saya kepada sebuah tatanan dunia baru (ya, memang segitu kagetnya). Mulailah cari-cari info online maupun offline mengenai lini bisnis ini. Mulai dari rekan-rekan lama yang sudah duluan terjun ke dunia digital marketing terlebih dahulu kudatangi, sampai baca-baca mengenai Social Media Marketing. Salah satunya Jab, Jab, Jab, Right Hook yang ditulis master GaryVee masih jadi kitab buat saya. Tidak lupa join forum yang cara bergabungnya aja kadang-kadang saya bingung (ya, saya segaptek itu LOL). 

Sedikit-sedikit mengumpul ilmu mengenai dunia digital dan Affiliate, akhirnya banyak juga bisa kenal dengan para Affiliate Marketer dari Indonesia dan beberapa dari negara Asia lainnya. Mulai dari pemula sampai pemain besar dengan segala metode dan tingkah lakunya. Kenapa saya masukkan tingkah laku walau saya sebagian besar ketemunya online, karena para Affiliate Marketer ini merupakan jenis manusia yang agak sedikit berbeda. Saya bisa bilang beda karena orang-orang inilah yang pandai cari celah di bisingnya dunia digital. Lini bisnis ini menjamur juga karena didukung teknologi dan internet yang sudah menyebar ke seluruh penjuru negeri. Jadi sudah tidak heran, kalau ketemu pemain besar Affiliate yang domisilinya sungguh terpencil dari hingar bingar kota besar. Saya akan coba menerawang beberapa pertanyaan yang mungkin sudah bikin Anda penasaran, sebagai berikut: 

Pertanyaan 1:  Apa sih AFFILIATE MARKETING?

Jawaban yang mungkin: Scam? MLM? TIPU DAYA ONLINE? Atau Muslihat laki-laki?

Langsung baca link ini aja ya, biar jelas.

Kalau udah dibaca (atau belum), percayalah ini bukan semua “Jawaban yang Mungkin” di atas. Simpelnya, ini CUMA salah satu metode pemasaran yang tercipta oleh tuntutan konsumen dan kebutuhan para produsen untuk mengantarkan produknya lebih tepat sasaran (TARGETED beb). Makanya sebagai AFFILIATE MARKETER (AM selanjutnya) harus sering-sering riset mengenai produk dan target pasarnya dari waktu ke waktu.

Susah kah? Jelas. Karena sebagai penengah di antara Produsen dan Konsumen, gimana sih caranya biar si produk-produk ‘terjual’ ke orang-orang yang memang mencari. Gampang dong kalau ini? Pasti. Jadi selama Anda paham dasar metodenya dan tahu target Anda, tinggal riset deh yang mendalam menuju jalan keuntungan Anda masing-masing. 

 Pertanyaan 2: Apa sih risiko AFFILIATE MARKETING?

Jawaban: Sebenar-benarnya ya…. TIDAK ADA. Kenapa? Karena semua risiko penjualan dan pengiriman produk sudah ditanggung Affiliate Network dan si produsen. AM ya tinggal mempromosikan produk tersebut ke target pasar aja. Pembayaran pun semua diterima dari Affiliate Network tanpa melewati produsen atau konsumen. Intinya AM itu modalnya ya kreativitas dan percobaan metode yang sesuai dengan kemampuannya aja.

Pertanyaan 3: Mau coba sih AFFILIATE MARKETING, caranya gimana?

Jawaban: Nah ini saya tidak bisa jawab. Karena kalau kita balik lagi ke akhir jawaban di pertanyaan no. 1, harusnya Anda sudah tahu. Yang penting itu Anda sudah paham dan tertarik dengan jenis AFFILIATE MARKETING yang seperti apa. 

Pertanyaan 4: Ini sebenarnya tulisan tentang kisah Anda atau promosi sih?

Jawaban: INI KISAH SAYA di Dunia Affiliate Marketing yang dibuat demi untuk memenuhi kehausan saya buat menulis (Ya, saya sudah lama tidak menulis). Konten promosi sendiri sebenarnya adalah sebuah syarat dari sebuah tulisan untuk memiliki makna tambahan. 

Jadi….jika Anda memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Seorang webmaster dengan niche: movies, books atau sport
  • Memiliki traffic dari negara-negara tier 1 dan 2. Contoh: France, Belgium, US, Norway, Sweden, dll.
  • Berpengalaman di dunia AFFILIATE MARKETING
  • Hobinya riset metode dan tidak mau kalah dari orang lain (alias kompetitif)
  • Percaya diri dan ingin mengembangkan pundi-pundi uang Anda sampai dikira pesugihan oleh tetangga.

Maka yakinlah, didukung oleh tim berpengalaman belasan tahun di dunia digital marketing dan Affiliate, ada sebuah network yang bisa menjawab keresahan hati Anda. Dengan sistem pembayaran yang beragam mampu menyesuaikan kebutuhan Anda akan keamanan dan ketepatan penerimaan keuntungan. Tanpa biaya registrasi, prosesnya cepat, 24/7 pelayanan pelanggan. ***MANTAP

Kelanjutan Kisah saya di dunia affiliate marketing

Dengan minimnya ilmu di dunia affiliate dan kepercayaan diri yang sedikit demi sedikit bertambah akibat ilmu yang didapat, saya pun berniat untuk menekuni bisnis Affiliate Marketing. Ada beberapa hal yang ingin saya dalami, seperti perhitungan bisnis yang digunakan affiliate network, perkembangan AM di pasar Asia Tenggara, cara pemerataan kualitas AM dan tentunya setinggi apa dampak metode pemasaran ini dalam penjualan produk. 

Berdasarkan pengamatan saya, kunci dalam belajar Affiliate Marketing adalah melek pasar dan kreativitas. Jika kualitas konten Anda terjaga, pastinya konsumen akan balik lagi kan. Rekan-rekan yang masih penasaran mengenai Affiliate Marketing atau ingin mengoreksi tulisan dan pendapat saya, silahkan isi kolom komentar atau hubungi saya di sini. 

Semoga perjalanan saya terus berlanjut dan Anda menemukan jawaban Anda di dunia Affiliate Marketing. 

Salam sukses!

https://bisablog.com/apa-itu-affiliate-marketing-untuk-pemula/
*Tunggu selanjutnya perkembangan kisah saya di dunia affiliate marketing ya.. 😉


7 thoughts on “Ini Kisah Saya di Dunia Affiliate Marketing”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *