Aneka Varietas Beras untuk Kedaulatan Pangan Indonesia

Aneka Varietas Beras untuk Kedaulatan Pangan Indonesia

Beras sebagai makanan pokok mayoritas bangsa Indonesia, selalu mengalami perkembangan dalam varietasnya. Budidaya varietas beras di Indonesia pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh letak geografis dan cara bercocok tanam masing-masing daerah. Hal inilah yang membuat cita rasa beras Indonesia begitu kaya.

Lalu bagaimanakah keberadaan aneka varietas beras ini dapat dikembangkan untuk mendukung kedaulatan pangan rakyat Indonesia?

Demi memenuhi kebutuhan NASI untuk rakyat, pemerintah juga secara konsisten memperkenalkan varietas padi unggul tahan hama untuk mendukung proses swasembada pangan.

Baca juga: Asosiasi Perkenalkan Varietas Padi Unggul Tahan Hama

Tahukah kalian aneka varietas beras yang dikembangkan oleh petani lokal kita? 

Yuk, simak jenis-jenisnya berikut ini:

1. Beras Pandan Wangi Cianjur

Jenis beras ini paling populer dan merupakan salah satu varietas terbaik di Indonesia. Memiliki berbentuk identik terlihat bulat dan tidak panjang serta terasa pulen saat dimasak. Namun kualitasnya sering diragukan karena beredarnya beras pandan wangi yang menggunakan pengharum buatan.

Beli Beras Pandan Wangi di mana ?

2. Beras Merah

Beras jenis organik yang banyak dibudidayakan di daerah Jawa Tengah ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan protein dan seratnya lebih tinggi dari beras putih, sehingga lebih mengenyangkan. Namun pastikan porsinya tidak berlebihan karena kalori beras merah juga cukup tinggi

Beli Beras Merah Organik di mana?

3. Beras Tarabas

Varietas ini baru dikembangkan oleh petani Jawa Barat beberapa tahun yang lalu. Tujuannya untuk mengurangi impor beras Japonica, dikarenakan beras tarabas memiliki kemiripan dengan beras yang digunakan untuk pembuatan sushi tersebut. Teksturnya yang pulen dan kadar gulanya yang rendah menjadikan beras ini sangat disukai. 

Beli Beras Tarabas di mana?

4. Beras Solok

Beras asli ranah Minang ini memiliki karakteristik berupa butir beras yang mungil dan putih bersih dengan aroma wangi, namun butir berasnya akan membesar begitu nasinya dimasak. Rasanya pulen dan tidak mudah menjadi lembek atau hancur. Di pasaran ada beberapa jenis beras Solok, seperti sokan, anak daro, kuriak kusuik dan caredek.

Beli Beras Solok di mana?

5. Beras Mentik Susu

Teksturnya pulen, warnanya putih seperti susu dan agak lengket mirip beras Jepang, sehingga jenis ini dinamakan Mentik Susu. Beras organik asal Magelang ini juga dianggap bisa melancarkan metabolisme, menurunkan kadar gula darah, serta cocok untuk penderita hipertensi atau diabetes. 

Beli Beras Mentik Susu di mana?

Baca juga: Mulai Ditanam 5.000 Tahun Lalu, Beras Kini Jadi Makanan Pokok Dunia

Diberkati dengan iklim yang hangat dan tanah yang subur, budidaya varietas beras telah ada dan dikembangkan secara turun temurun oleh nenek moyang kita.

Namun kekayaan varietas ini sedang diuji oleh majunya teknologi dan kebutuhan pangan kita yang semakin melonjak. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya varietas campuran yang diproduksi melalui rekayasa genetika.

GMO atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Produk Rekayasa Genetika (PRG) adalah makanan yang dihasilkan dari organisme yang telah diubah DNA-nya melalui rekayasa genetika. Umumnya GMO dilakukan terhadap tanaman yang bisa dikonsumsi sehingga telah menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan pangan.

– Dr Nurul Jadid SSi MSc 

Dikutip dari wawancara terakhir dengan salah satu ahli pertanian alami Indonesia, petani lokal kita telah lama memiliki cara-cara bertani alami untuk mendukung kedaulatan pangan Indonesia tanpa perlu merusak ekosistem dengan menggunakan bahan kimia.

“Rusak dan tidaknya bumi ini ya tergantung manusia yang merawat.”

– Mbah Gatot Surono

Kedepannya tantangan untuk memenuhi kedaulatan pangan bangsa tentu semakin beragam, mulai dari kebijakan produksi beras dari pemerintah dengan adopsi varietas unggulnya, hilangnya varietas asli yang tergantikan oleh Produk Rekayasa Genetika, hingga pengaruh pemanasan global terhadap ketersediaan air untuk pengairan. 

Lalu bagaimanakah nasib aneka varietas beras asli kita di hadapan tantangan yang sudah di depan mata tersebut?

Apakah kebijakan pemerintah dalam mengembangkan aneka varietas beras sudah cukup untuk menciptakan kedaulatan pangan Indonesia demi pembangunan yang berkelanjutan?

Sumber Inspirasi:

Indonesia Investments – Komoditas Beras

NASIB BANGSA DI TANAH PERTANIAN | FROYONION MEETS GATOT SURONO



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *