6 Rekomendasi Produk Susu Fermentasi, 2 Asli Indonesia

6 Rekomendasi Produk Susu Fermentasi, 2 Asli Indonesia

Banyaknya produk susu fermentasi yang tersedia di pasaran membuat konsumen terkadang bingung untuk memilih, beberapa juga merupakan produk asli Indonesia. Padahal produk yang banyak manfaat kesehatannya ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Faktanya:

Kandungan dalam susu fermentasi mengalami perubahan pada protein, lemak, karbohidrat dan bahan organik lainnya, sehingga memiliki gizi yang tinggi.

Fermentasi dapat dilakukan oleh bakteri dengan jenis-jenis tertentu dan akan menghasilkan produk susu fermentasi yang beragam tergantung pada jenis asam laktatnya.

Yuk simak 6 rekomendasi produk susu fermentasi berikut:

1.Yoghurt

Yoghurt dihasilkan dari fermentasi gula susu (laktosa) yang nantinya akan menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu sehingga menghasilkan tekstur yang kental dengan aroma unik pada yoghurt. Produk hasil fermentasi susu ini biasanya ditambahkan dengan berbagai rasa buah sehingga lebih nikmat. Salah satunya produk yoghurt dari Yummy dengan campuran lidah buaya di bawah ini.

yoghurt - susu fermentasi

2. Greek Yoghurt

Berbeda dengan jenis yoghurt biasa, greek yoghurt hadir dengan kandungan laktosa yang lebih rendah. Bahkan, jika Anda memilih greek yogurt yang plain alias tanpa rasa, bisa sama sekali tidak mengandung gula susu. Alasan inilah yang menjadikan manfaat greek yoghurt aman dikonsumsi bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa (intoleransi laktosa).

greek yoghurt - susu fermentasi

3. Kefir

Kefir difermentasikan menggunakan kultur campuran bakteri dan khamir. Kultur mikroorganismenya yang beranekaragam membuat Kefir mengandung probiotik yang lebih kompleks sehingga menghasilkan nutrisi yang lebih kaya. Populer sebagai produk dari Rusia, kefir sudah bisa didapati di Indonesia juga. Salah satunya keluaran Mother Nature berikut. 

kefir - susu fermentasi

4. Yakult

Produk asal Jepang yang dikenal dengan bakteri baiknya, yaitu  L. casei shirota strain ini, sudah sangat familiar bagi konsumen Indonesia. Yakult disarankan untuk dikonsumsi setelah makan dan tidak boleh diminum bersamaan dengan minuman panas. Mengkonsumsi yakult sesuai anjuran, diklaim dapat menjaga kesehatan usus lho.

yakult - susu fermentasi

5. Dadiah

Produk susu fermentasi Indonesia asli Minangkabau ini, merupakan olahan susu kerbau yang difermentasi secara alami di dalam ruas batang bambu. Proses fermentasinya 1 sampai 2 hari yang kemudian akan menghasilkan sejenis krim padat bertekstur lembut dan memiliki cita rasa yang asam. Dadiah bisa disantap sebagai menu sarapan atau disantap bersama nasi hangat dan sambal. Ada yang sudah pernah coba?

dadiah - susu fermentasi

6. Dangke

Jika dadiah menggunakan bambu sebagai wadah fermentasinya, dangke menggunakan batok kelapa yang dialasi daun pisang sebagai wadah fermentasinya. Produk susu fermentasi Indonesia yang sudah dibuat oleh masyarakat Enrekang, Sulawesi Selatan sejak 1900-an ini, memiliki tekstur yang padat. Dangke bisa dikonsumsi langsung atau dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. Hmmm.. penasaran ya sama rasanya.

dangke - susu fermentasi

Dengan kandungan gizinya yang tinggi dan rasanya yang lezat, produk susu fermentasi sangat baik bagi kesehatan pencernaan kita. Pilihlah produk yang berkualitas dan perhatikan kandungan gula di dalamnya. Mengkonsumsi produk susu fermentasi secara rutin akan meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan lho.

Produk susu fermentasi mana saja nih yang sudah pernah kamu coba?

Sumber:

Mau tahu produk lokal unggulan lainnya?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *